skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Pengertian Penyakit HIV Beserta Gejala Dan Penyebabnya!

Pengertian Penyakit HIV Beserta Gejala dan Penyebabnya!

AIDS adalah suatu kondisi kronis, berpotensi mengancam kehidupan yang disebabkan oleh HIV(Human Immunodeficiency Virus) . Oleh merusak sistem kekebalan tubuh, HIV mengganggu kemampuan tubuh untuk melawan organisme yang menyebabkan penyakit.

HIV adalah infeksi menular seksual. Dapat juga menyebar oleh kontak dengan darah terinfeksi, atau dari ibu ke anak selama kehamilan, melahirkan atau menyusui. Ini dapat mengambil tahun sebelum HIV melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda ke titik bahwa Anda memiliki AIDS.

Tidak ada obat untuk HIV/AIDS, tetapi ada obat yang secara dramatis dapat memperlambat perkembangan penyakit. Obat ini telah mengurangi kematian AIDS di banyak negara-negara maju. Tetapi terus membinasakan sebagian besar populasi di Afrika, Haiti dan bagian Asia.

Gejala Penyakit HIV

  1. Demam

Salah satu tanda-tanda pertama ARS adalah demam ringan, sampai sekitar 39 derajat C (102 derajat F). Demam sering disertai dengan gejala ringan lainnya, seperti kelelahan, pembengkakan pada kelenjar getah bening, dan sakit tenggorokan.

“Pada titik ini virus bergerak ke dalam aliran darah dan mulai mereplikasi dalam jumlah besar. Sehingga akan ada reaksi inflamasi oleh sistem kekebalan tubuh,” kata Carlos Malvestutto, MD, instruktur penyakit menular dan imunologi dari department of medicine di NYU School of Medicine, New York.

  1. Kelelahan

Respon inflamasi yang dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh juga dapat menyebabkan lelah dan lesu. Kelelahan dapat menjadi tanda awal dan tanda lanjutan dari HIV.

  1. Pegal, nyeri otot dan sendi, pembengkakan kelenjar getah bening

ARS sering menyerupai gejala flu, mononucleosis, infeksi virus atau yang lain, bahkan sifilis atau hepatitis. Hal tersebut memang tidak mengherankan. Banyak gejala penyakit yang mirip bahkan sama, termasuk nyeri pada persendian dan nyeri otot, serta pembengkakan kelenjar getah bening.

Kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh dan cenderung akan meradang bila ada infeksi. Kelenjar getah bening berada di pangkal paha leher ketiak, dan lain-lain.

  1. Sakit tenggorokan dan sakit kepala

“Seperti gejala penyakit lain, sakit tenggorokan, dan sakit kepala sering dapat merupakan ARS,” kata Dr. Horberg. Jika memiliki risiko tinggi, maka melakukan tes adalah ide yang baik. Karena penyakit ini paling menular pada tahap awal.

  1. Ruam kulit

Ruam kulit dapat terjadi lebih awal atau terlambat dalam perkembangan HIV/AIDS.

  1. Mual, muntah dan diare

Sekitar 30 hingga 60 persen dari orang dengan HIV memiliki gejala jangka pendek seperti mual, muntah, atau diare pada tahap awal virus ini kata Dr. Malvestutto. Gejala tersebut juga dapat muncul sebagai akibat dari terapi antiretroviral, biasanya sebagai akibat dari infeksi oportunistik.

“Diare yang tak henti-hentinya dan tidak merespon obat mungkin merupakan indikasi. Atau gejala dapat disebabkan oleh organisme yang biasanya tidak terlihat pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang baik,” kata Dr. Horberg.

  1. Penurunan berat badan

“Jika penderita sudah kehilangan berat badan, berarti sistem kekebalan tubuh biasanya sedang menurun,” kata Dr. Malvestutto.

Penyebab Penyakit HIV

Infeksi HIV disebabkan oleh human immunodeficiency virus, yang bekerja menghancurkan sel CD4 dalam tubuh. Sel CD4 adalah sel darah putih yang berperan penting dalam melawan infeksi dan penyakit yang mengancam tubuh.

Virus ini menyebar melalui darah, air mani, atau cairan vagina. Kegiantan berikut termasuk faktor resiko :

  • Terlibat dalam hubungan seksual yang tanpa pelindung dengan orang yang terinfeksi
  • Terlibat dalam hubungan seksual dengan beberapa pasangan berbeda
  • Melakukan hubungan seksual dengan pekerja seks atau pemakai obat terlarang
  • Menggunakan jarum yang sama ketika menyuntik, biasanya untuk obat terlarang
  • Menggunakan jarum tidak steril untuk tindik atau tato
  • Memiliki penyakit menular seksual yang lain seperti herpes, sifilis, gonoroe, atau jamur chlamydia
  • Menerima transfusi darah sebelum tahun 1985, dimana setelah tahun tersebut semua darah yang disumbangkan harus dilakukan uji HIV secara hati-hati
  • HIV juga dapat ditularkan dari ibu ke janin selama kehamilan.

Apa Itu HIVCARE?

HIVCARE adalah Obat HIV formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengontrol dan mengurangi perkembangan virus HIV. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat HIVCARE banyak dicari di dalam maupun luar negeri.